Assalamu'alaikum Wr.wb
Bagi para sahabat-sahabat blogger atau sahabat semua yang sedang menggeluti bisnis online, pastinya sering berpromosi. entah itu lewat mulut ke mulut, ataupun berpromosi secara Online. yang pastinya mau promosi lewat apapun, tujuan dari promosi adalah untuk mengenalkan barang atau produk yang kita jual, atau yang kita punya. syukur-syukur mereka yang melihat bisa tertarik untuk membeli produk bagi yang berjualan, atau berkunjung bagi mereka yang memasarkan Blognya.
semua itu bagian dari Bisnis. bisnis tidak bisa di pisahkan dari namanya promosi, apalagi bagi kita yang baru merintis brand baru atau produk baru.
di jaman yang sudah modern, yang bisa di katakan sudah serba digital, sosial media menjadi salah satu jalan terbaik untuk berpromosi, baik itu yang gratis atau yang berbayar.
sebenarnya dalam kontek kehidupan yang nyata, cara berpromosi yang paling efektif adalah dari mulut ke mulut. Karena, pada dasarnya manusia lebih percaya omongan teman kita, keluarga atau kerabat.
Walaupun demikian, bukan berarti promosi dengan sosial media tidak bisa membuat orang untuk mengenal produk kita. dengan sedikit ilmu, dan kemampuan marketing, sosial media juga bisa membuat orang percaya, bahkan kita bisa mengenalkan dengan sangat mudah dan luas.
Selain itu, berpromosi di sosial media juga memiliki banyak keuntungan :
- Mudah di lakukan
- Tidak perlu modal besar
- Cara cepat di kenal orang
cukup banyak bukan, mudah, gratis dan efisien. namun, sebelum kamu berpromosi, pilihlah sosial media yang menurutmu bisa mudah dan mampu menggaet banyak pasar. hal di lakukan jika kamu adalah pemula, karena akan sangat susah jika kamu menggunakan banyak sosial media untuk berpromosi. jika kamu sudah mempunyai tim. munkin tidak akan menjadi masalah.
berikut kami uraikan karakteristik beberapa sosial media, sehingga kamu mudah untuk memilih sosial media mana yang ingin kamu pakai?
1. Facebook
Saya tempatkan facebook di urutan yang pertama, karena facebook adalah media sosial yang banyak di gunakan, baik di dunia ataupun di indonesia. tidak ayal jika kamu pernah melihat temanmu berpromosi di facebook.
dengan penggunanya yang bermacam-macam usianya, facebook membuat fitur iklannya dengan kategori yang bisa hanya di lihat oleh golongan tertentu. misal umur, negara, wilayah, dan lainnya. bisa di bilang sangat memudahkan kamu untuk menarget pasar yang kamu inginkan.
![]() |
Salah satu iklan berbayar di facebook |
selain berbayar kamu bisa juga berpromosi online, dengan cara membuat status dengan keterangan yang unik, yang menggambarkan produk kamu, lalu kamu tag semua teman dekatmu. lalu upload deh, produk yang kamu upload tadi akan langsung menempel di linimasa teman-temanmu. dan secara otomatis, teman facebook dari teman-teman kamu yang kamu tag akan melihat produk kamu.
2. Twitter
Selain facebook, ada juga twitter. bisa di katakan pengguna twitter juga sangat ramai, kamu bisa memanfaatkan twitter untuk berpromosi. Sistem promosi di twitter hampir sama seperti di facebook. ada yang berbayar ada juga yang gratis.
Jika kamu sudah mempunya follower yang munkin ribuan atau lebih, hal ini bisa menjadikan ladang promosi gratis. dengan follower yang banyak akan sangat gampang beriklan tanpa harus membayar jasa iklan di twitter.
3. Instagram
Terakhir adalah instagram, perkembangan pengguna instagram yang semakin hari semakin banyak saja, memudahkan kamu untuk berpromosi, baik secara Gratis atau berbayar, nah munkin artikel