Inilah Strategi Pemasaran Di Media Sosial - Trikid.

Minggu, 04 Maret 2018

Inilah Strategi Pemasaran Di Media Sosial

Gambar Oleh Yogi Khayan
Assalamu'alaium Wr. Wb
Sebenarnya selama ini kita sering melihat berbagai pemasaran di dunia sosial media yang di lakukan oleh orang-orang ataupun teman-teman kita sendiri. munkin dari kalian banyak yang bertanya kenapa bagaimana strateginya? nah disini saya akan bahas.

nah bagi kalian yang belum tahu mengenai keuntungan melakukan pemasaran melalui dunia sosial, kali ini untuk mengawali tulisan saya, saya akan berikan beberapa data tentang pengguna Internet di dunia ataupun Indonesia.

Sumber Gambar : kominfo.go.id


Terus data di bawah ini

Sumber Gambar : katadata.co.id


Itu data beberapa tahun silam yang saya cari via Google.com dengan kata kunci " data pengguna sosial media di indonesia 2018 " data di atas sudah membuktikan bahwa pengguna internet di Indonesia tergolong besar. dan bukan khayalan lagi, bahwa dunia Internet merupakan salah satu ladang usaha besar bagi kita yang mau berusaha. Apalagi melihat perkembangan pengguna internet di Indonesia.

Selain data di atas saya juga akan menampilkan info terbaru yang di tulis oleh Inet.detik.com pada 27 September 2017.

Bagaimana Strategi Pemasaran Di Dunia Sosial Media?
Laman Inet.detik.com
Grafik di bawah ini adalah grafik apa saja yang di lakukan pengguna internet di indonesia.

Sumber Gambar : isparmo.web.id
dari grafik di atas bisa di lihat pengguna-pengguna internet di indonesia melakukan apa saja ketika berselanjar di dunia maya.

Sumber Gambar : http://isparmo.web.id
Dari grafik di atas adalah data perangkat yang di gunakan pengguna internet di indonesia.

kayaknya segitu dulu yah... sebenarnya banyak sekali data dari berbagai sumber yang menyatakan bahwa pengguna internet dunia semakin hari semakin bertambah. khususnya di indonesia. seperti data yang saya berikan di atas. banyak perkiraan yang akan terjadi kedepannya. yang jelas, pengguna internet setiap tahun pasti bertambah. menurut saya, internet tidak akan mati, dan penggunaannya pun akan terus di kembangkan.

melihat dari data di atas, bisa di simpulkan bahwa Internet merupakan ladang bisnis yang menjanjikan. sebenarnya banyak sekali bisnis di internet yang menjanjikan. namun yang akan saya bahas di sini adalah Pemasarannya. Iya " Pemasaran ".

Ada banyak sekali sosial media di luar sana media-media sosial, tetapi banyak orang yang tidak tahu cara memanfaatkannya. khususnya mereka pengguna-pengguna baru sosial media yang hanya menggunakan sosmednya hanya untuk Upload foto, status, pasang gaya untuk mencari gebetan atau apalah.

Kita kembali ke topik, nah bagi kalian seorang marketer pemula, dalam melakukan pemasaran atau marketingnya online ada yang perlu di perhatikan.

1. Gunakan Sosial Media Yang Menurut Kamu Paling Banyak Penggunanya dan Tertarget.

kenapa tertarget, yang jelas, ketika kamu memasarkan sebuah produk atau brand kamu. yang paling penting adalah orang yang melihat  akan semakin banyak, pasti brand kamu akan semakin terkenal. 

walaupun semakin banyak berarti semakin baik. bukan berarti kamu harus mempunyai banyak akun sosial media. sebagai pemula, ada baiknya fokus pada satu sosial media dahulu. kenapa?

jika kita punya banyak akun, maka akan semakin banyak waktu yang kita perlukan untuk mengurus semua akun. munkin jika kita sudah mempunyai tim bisa kita bagi tugas. dan, munkin itu akan lebih baik. So.. fokuslah pada satu sosial media dahulu.

coba lihat grafik WeAreSocial yang saya ambil dari www.youthmanual.com di bawah ini.

Youthmanual

Grafik di atas menunjukan sosial media yang paling banyak di gunakan di Tahun 2017. Ingat itu tahun 2017, saya rasa di tahun ini Facebook akan meningkat penggunanya. mengingat facebook adalah salah satu platform media sosial yang mudah di gunakan dan terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman.


2. Konten Sosial Media

Dalam berpromosi di sosial media, konten sangat di perlukan untuk menarik minat audiens atau orang-orang yang melihat iklan anda.

Ibarat sebuah iklan Mie. jika iklan di buat hanya sebuah gambar tanpa penjelasan. maka akan hambar. audiens atau yang meilihat iklan mie anda pasti akan bertanya-tanya :

  • Kelebihan Mie ini apa?
  • Rasa mie ini apa?
  • jenisnya mie kriting atau mie lurus?
itu hanya sekedar gambaran. makanya bagi kalian yang munkin sering promosi link blog kalian. maka jangan ragu beri sebuah konten menarik ketika mengshare sebuah link. dengan tujuan supaya orang-orang yang melihat tertarik melihat link yang kalian bagikan.

perlu di ketahui juga, ketika berpromosi link di sosial media selalu ingat waktu, konten, dan banyaknya posting. hal ini untuk menghindari SPAM.

3. Tentukan Gaya Anda Dalam Berpromosi

Setiap produk, merek/branda. pasti memiliki ciri khas tersendiri dalam memposting iklan mereka di sosial media.

Contoh adalah iklan line, dengan gayanya yang santai :

Sumber image : panduanim.com
Contoh iklan garuda indonesia yang serius :
Sumber Image : Panduanim.com

Buatlah dengan gayamu sendiri. Dalam memberikan konten ketika berpromosi ada hal yang perlu di perhatikan yaitu Waktu / momennya. sehingga sesuai dengan mod audiens. Jika moment lebaran buatlah dengan tema lebaran. 

4. Berinteraksi

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah interaksi. jangan sunkan untuk berinteraksi dengan mereka yang mau bertanya. jika mereka bertanya, itu bertanda mereka tertarik dengan iklan kalian. 

Perlu di ingat juga, seperti yang saya lansir dari PanduanIm.com ada beberapa tugas buat kalian para Marketer.

Tugas harian:
  1. Membalas mention, pesan, dan komentar yang masuk
  2. Melakukan monitor kata kunci
  3. Menerbitkan/menjadwalkan konten baru
  4. Mencari bahan untuk konten baru
  5. Mencari orang yang punya banyak follower (influencer)
  6. Berinteraksi dengan influencer
  7. Berinteraksi dengan follower
  8. Membuat gambar untuk konten
  9. Membuat konten untuk komunitas
Tugas mingguan:
  1. Analisa konten dalam seminggu terakhir
  2. Analisa peningkatan dan penurunan yang terjadi
  3. Analisa terhadap goal dan sasaran yang sudah ditentukan
  4. Analisa hashtag
  5. Mengadakan event (webinar, Twitter chat, dll.)
  6. Mencari komunitas baru
  7. Optimasi website untuk social media
Tugas bulanan:
  1. Memeriksa goal yang sudah dibuat
  2. Membuat goal baru
  3. Merencanakan eksperimen baru untuk sebulan depan
  4. Update foto profil, deskripsi, bio
  5. Melakukan penyesuaian terhadap frekuensi dan jadwal posting
Itulah beberapa info yang bisa saya sampaikan, Semoga bermanfaat.
jangan lupa terus semangat. dan tetap berkarya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda